Jumat, 05 November 2010

Lahar di Kali Code Tambah Tinggi, Warga Mulai Mengungsi

Jakarta - Lahar di Kali Code kian tinggi, alirannya pun kian deras. Pemandangan ini menjadi tontontan warga yang kebetulan melintas di Jembatan Kewek, Yogyakarta.

Jembatan itu terletak di sebelah timur Malioboro. Pengguna jalan yang kebetulan melintas, berhenti untuk sekadar melihat atau mengabadikan momen tak biasa itu.

"Waduh, ngeri," kata salah satu pengendara sepeda motor sambil mengambil video aliran Kali Code yang deras penuh lahar berwarna coklat. Pengendara itu berhenti dan memarkir motornya di Jembatan Kewek, Yogyakarta, Sabtu (5/11/2010).

Pantauan detikcom, air di Kali Code di Jembatan Kewek terus meninggi. Hanya tinggal kurang dari semeter, air akan meluap ke kawasan penduduk yang berada di kanan dan kiri sungai.

Air Kali Code di Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, juga terpantau makin tinggi. Kholis, warga setempat mengatakan, saat ini, penduduk yang tinggal di perumahan dekat sungai tersebut sudah mulai meninggalkan rumah mereka.

"Sudah ngungsi semua, sepi sekarang," kata mahasiswa ini.

Diperkirakan, ketinggian Kali Code akan terus naik karena lahar yang mengalir baru beberapa persen saja. Belum lagi, Merapi terus menerus memuntahkan lava.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Media Dakwah Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha