Minggu, 20 Juni 2010

Dubes Vatikan Kunjungi Boven Digoel

Jayapura (addakwah.com) - Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Papua, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Leopoldo Gellerli berkesempatan mengunjungi umat Katolik di Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Jumat (18/6).

Dalam rilis yang diterima ANTARA di Jayapura dari Pemkab Boven Digoel, Minggu, disebutkan bahwa Duta Besar (Dubes) Vatikan yang didampingi Uskup Agung Merauke, Mgr Nicholaus Adi Saputra MSC diterima oleh Wakil Bupati Boven Digoel Marselino Yomkondan.

Selain itu Dubes juga diterima Wakil Ketua DPRD Eduard C Haurissa serta jajaran Muspida setempat.

Begitu menginjakkan kaki di Bandara Tanah Merah, Dubes Vatikan dan rombongan disambut tarian adat dari tiga suku besar yang ada di Boven Digoel yaitu Mandobo, Muyu dan Awuyu hingga memasuki Gereja Katolik Hati Kudus Tanah Merah.

Dalam kunjungan tersebut, Mgr Leopoldo Gerrerli berkesempatan meninjau Pelabuhan Kali Boven Digoel, Gua Maria dan pembangunan gedung gereja di kilometer enam Tanah Merah.

Dubes Vatikan juga memimpin perayaan misa bertempat di Lapangan Trikora Tanah Merah yang diikuti ribuan umat Katolik dari masing-masing stasi di wilayah Kevikepan Boven Digoel.

Mgr Gellerli dalam khotbahnya mengajak umat Katolik setempat agar selalu bersyukur atas berkat dan kemurahan Tuhan.

"Kasih Kristus adalah terang yang menuntun langkah dan pekerjaan orang-orang yang selalu percaya kepada-Nya," kata Mgr Gellerli.

Ia menyambut baik dukungan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat terhadap pembangunan gedung gereja di Tanah Merah Boven Digoel dan berharap ke depan pertumbuhan iman umat setempat semakin baik melalui kehadiran gedung gereja yang baru tersebut.

Saat perayaan misa tersebut, Mgr Gellerli memberikan berkat apostolik (berkat kepausan) kepada umat Katolik di Kabupaten Boven Digoel.

Tokoh Katolik Kabupaten Boven Digoel, Frans Tingge dalam dialog dengan Dubes Vatikan meminta Gereja Katolik setempat menyediakan sekolah khusus bagi anak-anak asli Papua untuk dididik menjadi calon imam, bruder dan suster.

Usai berkunjung ke Boven Digoel, Dubes Vatikan melanjutkan kunjungan dan lawatan iman ke Kevikepan Kepi, Kabupaten Mappi.

Dubes Vatikan, Mgr Gellerli sebelumnya juga mengunjungi umat Katolik di Keuskupan Jayapura dan berkesempatan menanam pohon di lokasi wisata Pantai Kalkhote, tepi Danau Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura yang menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan Festival Danau Sentani (FDS) III tahun 2010.  (E015/K004) (sumber: antaranews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Media Dakwah Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha