Rabu, 16 Juni 2010

Sehari 6 Gempa Guncang Papua

JAKARTA- Bumi Cendrawasih tengah berduka. Dalam sehari enam gempa melanda wilayah Indonesia di ujung timur itu. Dua orang dilaporkan tewas dan belasan rumah hancur.

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa pertama berkekuatan 6,2 skala richter terjadi tepat pukul 10.06 WIB dan berpusat di 114 km Tenggara dari Biak, Papua, Rabu (16/6/2010).

Gempa susulan terjadi pada pukul 10.16 WIB dengan kekuatan yang lebih besar lagi yakni mencapai 7,1 SR, di 123 km Tenggara Biak, Papua. Gempa kedua ini dilaporkan berpotensi tsunami.

”PMI Provinsi Papua melaporkan daerah yang paling terkena dampak adalah Kabupaten Yapen Waropen, Kota Serui. Berdasarkan data sementara 15 rumah hancur. Tim Satgana PMI telah membantu evakuasi, pertolongan pertama bagi korban luka, dan melakukan pendataan awal di lokasi bencana,” ujar Tia Kurniawan, staf Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat dalam rilisnya kepada okezone di Jakarta.

Posko PMI Pusat juga menyampaikan catatan data bahwa empat gempa berikutnya terjadi berturut-turut. Gempa 5,3 SR pada pukul 10.38 WIB di 147 km Tenggara dari Biak, kemudian gempa keempat tercatat berkekuatan 6,6 SR terjadi pukul 10.58 WIB.

Gempa susulan kelima kalinya terjadi pukul 13.10  WIB di 83 kilometer Tenggara dari Biak, Papua. Sementara gempa terakhir terjadi sekira pukul 21.40 WIB dengan kekuatan 5,1 SR dengan kedalaman pusat gempa 24 kilometer.

Seluruh tim Satgana PMI kini tetap bersiaga di lokasi bencana dan berjaga-jaga jika terjadi dampak gempa susulan di sana. “Berdasarkan laporan sementara dari pemerintah kota setempat, gempa di Papua hari ini telah merenggut nyawa 2 orang,” tandasnya.
(ful)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Media Dakwah Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha