Jumat, 13 Agustus 2010

Zat Kimia Berbahaya Ditemukan di 46 Merek Obat Kuat dan Pelangsing

Jakarta - Jangan berani sekali-sekali mencoba sembarangan obat kuat dan obat pelangsing tubuh wanita. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 46 obat tradisional di pasaran mengandung bahan kimia obat.

"Di luar masih sangat banyak obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat," kata Ketua BPOM Kustantinah dalam jumpa pers di kantornya, Jl Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/8/2010).

Kustantinah mengimbau agar masyarakat tidak membeli dan menggunakan jamu-jamu yang mengandung bahan kimia obat tersebut. Jika ingin meminum jamu, sebaiknya mengkonsumsi jamu yang mereknya sudah terdaftar dan dijamin aman lulus uji oleh pemerintah.

"Bahan kimia obat ini obat keras. Di dalam obat saja ada takaran. Sering kali obat-obat ini melebihi takarannya. Jika digunakan itu akan berdampak pada kesehatan," jelasnya.

Menurut Kustantinah, jamu-jamu yang mengandung bahan kimia obat ini akan menyebabkan penyakit ginjal, hati, stres, dan kerusakan pada organ tubuh lainnya.

BOPM menunjukkan beberapa obat tradisional yang mengandung kimia obat tersebut. Beberapa di antaranya ada obat kuat 'Tongkat Mesir' dalam bentuk serbuk diproduksi oleh PJ Bintang Pasir. Obat kuat ini mengandung bahan kimia obat tadalafil.

"Ini juga tidak terdaftar dan mencantumkan izin edar fiktif," ungkapnya.

Selain itu, ada obat kuat 'Kamasutra' dalam bentuk serbuk yang diproduksi PT Sari India Jakarta. Ini mengandung sildenafil sitrat dan juga tidak terdaftar dan ada izin fiktif.

Ada obat 'Power Sex' dalam bentuk kapsul diproduksi PJ Kuat Sentosa. Ini juga mengandung Sildenafil sitrat dan juga tidak terdaftar dan ada izin fiktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Media Dakwah Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha