Minggu, 31 Oktober 2010

Letusan Merapi Setinggi 2 Km Selama 5 Menit, Ditiup Angin ke Utara

Jakarta - Semburan wedhus gembel (awan panas) Gunung Merapi yang terjadi sekitar pukul 10.10 WIB mengarah ke utara. Muntahan awan panas mencapai ketinggian 2.000
meter.

"Terlihat dari posko di lereng utara Merapi asap mencapai 2.000 meter dan ditiup angin yang mengarah ke utara," kata Kepala Seksi Gunung Merapi Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPTTK) Sri Sumarti, saat berbincang dengan detikcom, Senin (11/1/2010).

Awan panas yang kembali dimuntahkan Merapi memiliki durasi waktu kurang dari 5 menit. Durasi ini lebih singkat dibandingkan letusan pertama kali pada Selasa 26 Oktober.

"Erupsi yang pertama (Selasa, 26 Oktober) itu paling besar karena durasi semburannya mencapai 30 menit lebih," jelas Sri.

Warga di sekitar Merapi mendengar 3 kali dentuman letusan. Letusan lebih besar dibanding letusan pada Sabtu 30 Oktober 2010. Wedhus gembel berwarna abu-abu, dan coklat kemerahan. Menurut pengamatan detikcom di Desa Sidorejo, Klaten, arah asap dan abu muntahan Merapi mengarah ke utara dan timur laut (Boyolali dan Solo). (ahy/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Media Dakwah Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha